Meta Tag Social Media: Cara Pasang Open Graph dan Twitter Card
01 December
3 Comments
Apakah blog/website kalian terpasang meta description tag dan title tag?
Memasang Meta Tag tentu saja hal itu wajib di lakukan bagi seorang blogger, mengingat meta tag itu sangat membantu kita meningkatkan ranking dalam search engine.
open graph |
pada kesempatan kali ini penulis ingin memberikan tips cara memasangan meta tag open graph facebook dan twitter card pada blog. cara ini di lakukan untuk mengontrol tampilan pada saat kita melalukan shared pada social media tersebut.
Dibawah ini adalah langkah-langkah pemasangan Open Graph Dan Twitter Card:
- Login pada akun blogger
- Cari menu Template, lalu klik
- kemunidian klik pada menu edit html
- Lalu pasang kode open graph dan card di bawah <head>
<!-- Facebook open graph -->
<meta content='id_id' property='og:locale'/>
<meta content='en_US' property='og:locale:alternate'/>
<meta expr:content='data:blog.title' property='og:site_name'/>
<meta content='https://www.facebook.com/pututtp' property='fb:admins'/>
<meta content='https://www.facebook.com/pututtp' property='fb:profile_id'/>
<meta expr:content='data:blog.url' property='og:url'/>
<meta content='article' property='og:type'/>
<meta content='data:blog.postImageUrl' property='og:image'/>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta expr:content='data:blog.title' property='og:title'/>
<meta content='ID Penulis Artikel Blog tentang Perjalanan Hidup dan Ilmu With Powerful SEO' property='og:description'/>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<meta expr:content='data:blog.pageName' property='og:title'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + ", " + data:blog.title' property='og:description'/>
</b:if>
</b:if>
<!-- end open graph -->
================================================
<!-- Twitter Cards -->
<meta content='summary' name='twitter:card'/>
<meta content='Putut Pratama' name='twitter:site'/>
<meta content='@PututTPratama' name='twitter:creator'/>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta expr:content='data:blog.title' name='twitter:title'/>
<meta content='ID Penulis Artikel Blog tentang Perjalanan Hidup dan Ilmu With Powerful SEO' name='twitter:description'/>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<meta expr:content='data:blog.pageName' name='twitter:title'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + ", " + data:blog.title' name='twitter:description'/>
</b:if>
</b:if>
<!-- end Twitter Cards -->
Berikut adalah code dan fungsi yang terdapat pada open graph dan card pilihlah sesuai keinginan kalian untuk memasang. code di bawah ini yang sering biasa dipasang pada blog.
og: title
dini sini kita akan menenpatkan judul konten. mirip dengan
tag judul html yang dipakai oleh search engine. Ketika membuat og: title, pastikan jumlah
karakter kurang dari 95 karakter.
Contoh: <meta property ="og:
title" content ="SEO Friendly title blog"/>
og: description
og:type
ini juga mirip dengan html meta tag description, karena
berfungsi untuk menjelaskan isi konten kita. mungkin kita bisa abaikan ini
apabila keyword yang kita miliki sudah memenuhinya, tetapi tidak ada salahnya
kita mendeskripsikan sesuatu disini untuk menarik dan menghasilkan lebih banyak
klik. maksimal hingga 297 karakter untuk tag ini.
Contoh: <meta
property ="og: description" content ="ingin tau cara optimasi
meta tag agar lebih SEO Friendly? metode rahasia dibalik meta tag terbaik dan
SEO Friendly."/>
og:type
disini kita akan menjelaskan isi konten yang ingin kita
share. Apakah meliputi video, gambar, posting blog, dll. Berikut beberapa
daftar untuk mendefinisikan jenis konten yang ingin di sharing:
- Businesses: [company, cafe, hotel, restaurant]
- Activities: [activity, sport]
- Groups: [cause, sports_league, sports_team]
- People: [actor, athlete, author, politician, director, public_figure, musician]
- Organizations: [band, government, school, university, non_profit]
- Websites: [article, website, blog]
- Places: [landmark, country, city, state_province]
- Products and Entertainment: [drink, movie, food, book, game, album, product, song, tv_show]
Contoh: <meta
property ="og:type" content ="article" />
untuk menampilkan gambar pada Facebook setiap kali seseorang
berbagi URL. Dengan menggunakan og: image, untuk memastikan bahwa gambar akan
muncul pada konten saat melakukan sharing. akan tetapi tag ini harus melalui persyaratan
Facebook. Sebuah gambar setidaknya
memiliki ukuran 50px 50px, atau 200px 200px. dan gambar tidak bisa lebih dari 5
MB
Contoh: <meta
property = "og: image" content
= "https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjP5JyyHdRysA7TbvZsr2kQuaiqw8hElRBWwN_CeBLu2LkDlEiGJV5MxKRYHZyTkmlSnPkXVyLvnQIEtUJI66qZTMh8IyHg8BMJcexxXROiF4yS91BjLlptyYm74mYBI554g9BjBv0CPzuE/s1600/IdBpenulisBTipsBpemasaranBkonten.jpg"
/>
Dalam tag ini, kita harus menempatkan URL dari halaman yang di share. Tag ini mungkin tampak tidak relevan, tetapi penting karena kadang-kadang kita akan memiliki lebih dari satu URL untuk konten yang sama. Dengan menggunakan tag ini, kita akan memastikan bahwa semua share menuju ke salah satu URL, yang seharusnya membantu Facebook Edgerank.
Contoh: <meta
property ="og: url" content="data:blog.url" />
Tag ini memberitahu Facebook nama blog/website kita. menurut
gue tag ini tidak terlalu penting, namun tidak ada salahnya memasang tag ini.
Contoh: <meta
property=:"og site_name" content="ID-Penulis Blogger" />
Jika Anda memiliki halaman penggemar di Facebook dan Anda
ingin mendapatkan lebih banyak data di Facebook Insights, maka Anda harus
menggunakan tag ini. Ini memberitahu Facebook Anda adalah pemilik situs, dan
menghubungkan halaman fan Facebook Anda ke website Anda.
Contoh: <meta
property ="fb: admin" content="800093011" />
Selesai dengan facebook open graph, kita akan lanjutkan memsang twitter card pada blog/website kita.
=======================Twitter
Cards.=======================
twitter: Card
Meta tag ini menjelaskan jenis konten yang di share. ada
tiga pilihan di Twitter: foto (untuk gambar), player (untuk video), dan
ringkasan (untuk segala sesuatu yang lain). Jika tidak menentukan twitter:
Card, Twitter akan default ringkasan.
Contoh: <meta
name = "twitter: Card" content
= "Summary"/>
Hal ini mirip dengan tag meta description pada google. Tapi
jangan hal itu dengan kata kunci. Tujuan Anda harus membuat kalimat menarik
yang mendorong orang untuk mengklik ke situs Web Anda.
Deskripsi Anda terbatas pada 200 karakter.
Contoh: <meta
name="twitter:description" content="ingin
tau cara optimasi meta tag agar lebih SEO Friendly? metode rahasia dibalik meta
tag terbaik dan SEO Friendly"/>
twitter: title
twitter: image
Demikian pula gelar Facebook Open Graph, ini tidak boleh
diisi dengan kata kunci. Buatlah menarik sehingga orang akan ingin klik di
atasnya. Sekali lagi, seperti dengan Facebook, maksimal jumlah karakter sampai
70.
Contoh: <meta
name="twitter:title" content
="SEO Friendly title blog"/>
twitter: image
untuk memmunculkan gambar saat tweet. Gambar Anda harus
kurang dari 1 MB dalam ukuran file, dan tidak boleh lebih kecil dari 60px 60px.
Potret lebih besar dari 120px 120px dengan akan diubah ukurannya.
Contoh: <meta
name="twitter:image" content="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjP5JyyHdRysA7TbvZsr2kQuaiqw8hElRBWwN_CeBLu2LkDlEiGJV5MxKRYHZyTkmlSnPkXVyLvnQIEtUJI66qZTMh8IyHg8BMJcexxXROiF4yS91BjLlptyYm74mYBI554g9BjBv0CPzuE/s1600/IdBpenulisBTipsBpemasaranBkonten.jpg">
Setelah menerapkan meta tag Twitter Card ke blog/situs, kita perlu menerapkan program Twitter card. Setelah Anda diterima, URL dari website Anda akan ditampilkan dalam format kartu.
kesimpulannya
Meta tag tidak hanya untuk mesin pencari. pada media sosial
juga memanfaatkannya. Sama seperti bagaimana kita akan mengoptimalkan meta tag untuk
peringkat Google dan klik, dan kita perlu melakukan hal yang sama untuk
Facebook dan Twitter.
Jadi, apa yang kalian pikirkan tentang Open Graph dan Card?
Agak sedikit bingung juga memahaminya tapi informasi ini dipastikan bagus untuk newbie dalam SEO. Thanks.
ReplyDeleteIni nih yang mesti dicoba pas preview share artikel di sosmed dah mulai berantakan :D
ReplyDeleteMakasih min.
klo ketika share artikelnya, justru tidak terbaca oleh Facebooknya itu gimana yah suhu
ReplyDeletemohon pencerahannya
terima kasih